Pengabdian Kepada Masyarakat

Dari kiri ke kanan Anitawati, Ari Anggari Harapan (Anggota Tim Pengmas UI), Dwi Tugas Waliyanto (Kepala BI cabang Maluku Utara), dan Ade Solihat (Ketua Tim Pengmas UI)

UI Dampingi Revitalisasi Tenun Tidore Puta Dino

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tenun di Kesultanan Tidore, yang dikenal dengan nama Puta dino, sudah punah. Kain, alat tenun, maupun pengrajin sudah tidak lagi dapat dijumpai berada di antara masyarakat Tidore-Maluku Utara, padahal Kesultanan dan masyarakat Tidore masih mempertahankan banyak tradisi dan ritual yang mengharuskan berpakaian adat, yang salah satunya adalah pemakaian kain tenun. 

https://republika.co.id/berita/pul2ya453/ui-dampingi-revitalisasi-tenun-tidore-puta-dino

FIB UI ingin hidupkan kembali tenun Tidore yang punah

FIB UI ingin hidupkan kembali tenun Tidore yang punah

Depok (ANTARA) – Sejumlah dosen Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) menggagas kegiatan pengabdian masyarakat dengan melakukan pendampingan kepada komunitas Ngofa Tidore untuk menghidupkan kembali tenun khas Tidore, Puta Dino, yang telah punah.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakar FIB UI, Dr Ade Solihat, di kampus UI, Depok, Jawa Barat, Minggu mengatakan sebagai upaya menghidupkan kembali kebudayaan menenun di masyarakat Desa Soasio, Tidore, Maluku Utara itu, pihaknya melakukan pengumpulan dan menganalisis motif tenun khas Tidore serta mengelaborasi makna historis dan filosofis motif-motif tenun.

https://megapolitan.antaranews.com/berita/64226/fib-ui-ingin-hidupkan-kembali-tenun-tidore-yang-punah