Resensi Buku : The Children of Sanchez: An Outstanding Urban Ethnographic Work

“The Children of Sanchez: An Outstanding Urban Ethnographic Work” adalah tulisan resensi saya terhadap buku berjudul “The Children of Sanchez Autobiography of a Mexican Family”, karya Oscar Lewis, yang diterbitkan pertama kali pada 1961 oleh Random House Publisher. Buku dengan tahun terbit yang cukup lama ini masih sangat penting dijadikan rujukan bagi para peneliti etnografi, terutama untuk tema etnografi urban atau etnografi perkotaan.

Di dalam karya antropologi ini, Lewis, sebagai seorang Profesor antropologi Amerika, menggagas teori budaya kemiskinan. Etnografinya ini berisi catatan tentang penderitaan, kebrutalan, harapan dan keberanian komunitas miskin di pemukiman kumuh di Meksiko. Studi etnografi urban ini juga menjadi pendobrak pemahaman lama yang membedakan dua bidang ilmu sosial: antropologi, yang sering dianggap sebagai ilmu yang membahas masyarakat sederhana di pedesaan atau daerah terpencil, dan sosiologi sebagai ilmu yang membahas masyarakat yang lebih kompleks di wilayah perkotaan.  Antropologi dengan metode etnografi dapat diterapkan di masyarakat urban.

Lewis menulis dengan narasi bergaya sastra. Pembaca yang tidak mengenal karya etnografi mungkin akan mengira bahwa mereka sedang membaca sebuah novel fiksi. Namun, tulisan Lewis ini bukanlah karya fiksi, melainkan karya ilmiah yang berangkat dari data faktual melalui studi etnografi yang panjang dan mendalam. Nah, bagi para peneliti etnografi urban, buku Oscar Lewis ini sangat penting dijadikan sebagai rujukannya.

Resensi buku ini ditetapkan sebagai pemenang ke-2 Lomba Review Buku yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UI tahun 2017 untuk kategori Dosen.  Semoga resensi buku ini dapat mendorong peminat etnografi urban untuk bersemangat membaca karya etnografi Oscar Lewis (2011) setebal 505 halaman.  Tulisan resensi dapat diunduh pada laman Majalah Perpustakaan UI di laman : http://www.digilib.ui.ac.id/unduh/unduh/UILib_Berkala_Vol_4_No_1.pdf?id=2

2
0
2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like