Henna Art in Global Era: From Traditional to Popular Culture

Penulis: Baiq Clara Dita Chairunnisa, Ade Solihat

Kebudayaan Henna atau melukis henna di bagian tubuh, baik di tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya, merupakan kebudayaan kuno yang hingga saat ini masih dipraktikkan oleh banyak masyarakat di wilayah Afrika, Asia Barat, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Seni lukis Henna menjadi tradisi yang berkaitan dengan ritus kehidupan manusia, kelahiran, perkawinan, dan upacara dalam tahapan kehidupan lainnya. Budaya yang sudah amat sangat tua ini kemudian muncul lagi pada dekade 1990-an di dunia Barat, dan menjadi alternatif tato yang bersifat sementara. Dari dunia Barat kemudian melalui arus globalisasi kebudayaan henna ini menjadi budaya popular di masyarakat wilayah Timur. Kehadiran Seni lukis henna pada era kontemporer ini menawarkan satu globalitas kebudayaan popular sekaligus membawa masyarakat pada ingatan tradisi lama. Tulisan ini merupakan hasil riset Tugas Akhir mahasiswa Program Studi Arab tahun 2015 ini yang sudah dipresentasikan pada suatu konferensi internasional di UMY dan diterbitkan dalam bentuk prosiding proceedings of the International Conference on Social Science and Character Educations (IcoSSCE 2018) yang diterbitkan oleh Atlantis Press. Silakan membaca artikel ini di https://www.atlantis-press.com/proceedings/icossce-icsmc-18/125910003.

2
0
2 comments
  1. Terima kasih Sarah untuk tanggapan atas artikel ini. Ya, globalisasi bukan hanya sebuah arus dari Barat, namun sudah semakin sesuai dengan namanya, sudah mengglobal. Tulisan ini juga semoga menginspirasi riset dan tulisan lainnya ya.

  2. Artikelnya sangat bagus dan menarik sekali, Ibu Ade..
    Studi kasus tentang henna ini memberikan wawasan mengenai bagaimana suatu budaya tradisional bertransformasi menjadi sebuah budaya populer. Artikel ini juga menjelaskan bagaimana sebuah budaya global ternyata tidak hanya datang dari barat, tetapi juga dapat berasal dari budaya timur. Salah satu contohnya budaya Timur Tengah dan India ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like